Twitter

Jumat, 12 Oktober 2012

Tugas 1 Teori Organisasi Umum 1# - Organisasi


1.Jelaskan apa yg dimaksud dengan Organisasi?
Jawab :


Beberapa definisi tentang Organisasi:
            Menurut ERNEST DALE:
            Organisasi adalah suatu proses perencanaan yang meliputi penyusunan, pengembangan, dan pemeliharaan suatu  struktur atau pola hubunngan kerja dari orang-orang dalam suatu kerja kelompok.

Menurut CYRIL SOFFER:
Organisasi adalah perserikatan orang-orang yang masing-masing diberi peran tertentu dalam suatu system kerja dan pembagian dalam mana pekerjaan itu diperinci menjadi tugas-tugas, dibagikan kemudian digabung lagi dalam beberapa bentuk hasil.

            Menurut KAST & ROSENZWEIG:
Organisasi adalah sub system teknik, sub system structural, sub system pshikososial dan sub system manajerial dari lingkungan yang lebih luas dimana ada kumpulan orang-orang berorenteasi pada tujuan.

            Definisi UMUM:
“Kelompok orang yang secara bersama-sama ingin mencapai tujuan”


2.Mengapa organisasi dikatakan sebagai wadah dan proses?
Jawab :
                Karena organisasi merupakan salah satu cara yang dapat menyatukan antar manusia atau kelompok,sehingga dari cara tersebut suatu individu tersebut dapat saling memahami berbagai proses yang terjadi pada organisasinya. Dan dapat menyelesaikan setiap masalah-masalah yg terjadi di organisasi tersebut dan menyelesaikannya secara bersama-sama dalam kelompok/organisasi.
3.Organisasi ada formal dan informal, jelaskan masing-masing dan berikan contohnya?
Jawab :
1. Organisasi Formal
Organisasi formal adalah kumpulan dari dua orang atau lebih yang mengikatkan diri dengan suatu tujuan bersama secara sadar serta dengan hubungan kerja yang rasional. Contoh : Perseroan terbatas, Sekolah, Negara, dan lain sebagainya.
2. Organisasi Informal
Organisasi informal adalah kumpulan dari dua orang atau lebih yang telibat pada suatu aktifitas serta tujuan bersama yang tidak disadari. Contoh : Arisan ibu-ibu sekampung, belajar bersama anak-anak sd, kemping ke gunung pangrango rame-rame dengan teman, dan lain-lain.

Sumber                                : wikipedia.com & organisasi.org
Penyusun            : Hans Ravie Andreas



Tugas Softskill

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates