TELEMATIKA
Oleh
:
HANS RAVIE ANDREAS
13111206
4KA42
SISTEM INFORMASI
FAKULTAS ILMU KOMPUTER
& TEKNOLOGI INFORMASI
UNIVERSITAS GUNADARMA
2014
LAYANAN
YANG DI BERIKAN PADA SISTEM TELEMATIKA
Layanan Telematika
merupakan layanan dial up ke internet maupun ke semua jenis jaringan yang
didasarkan pada system telekomunikasi untuk mengirimkan data. Internet sendiri
merupakan salah satu contoh telematika. Dari berbagai sumber yang saya baca
jenis-jenis layanan telematika itu dibagi menjadi:
- Layanan
Telematika di Bidang Informasi
- Layanan
Telematika di bidang Keamanan
- Layanan
Context Aware dan Event-Based
- Layanan
Perbaikan Sumber
- Layanan Telematika di Bidang
Informasi
Penggunaan
telematika dan aliran informasi harus selalu ditujukan untuk meningkatkan
kesejahteraan masyarakat, termasuk pemberantasan kemiksinan dan kesenjangan,
serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Selain itu, teknologi telematika
juga harus diarahkan untuk menjembatani kesenjangan politik dan budaya serta
meningkatkan keharmonisan di kalangan masyarakat. Wartel dan Warnet memainkan
peranan penting dalam masyarakat.
Warung
Telekomunikasi dan Warung Internet ini secara berkelanjutan memperluas
jangkauan pelayanan telepon dan internet, baik di daerah kota maupun di desa,
bagi pelanggan yang tidak memiliki akses sendiri di tempat tinggal atau di
tempat kerjanya. Oleh karena itu langkah-langkah lebih lanjut untuk mendorong
pertumbuhan jangkauan dan kandungan informasi pelayanan publik, memperluas
pelayanan kesehatan dan pendidikan, mengembangkan sentra - sentra pelayanan
masyarakat perkotaan dan pedesaan, serta menyediakan layanan “e-commerce” bagi
usaha kecil dan menengah, sangat diperlukan. Dengan demikian akan terbentuk
balai - balai informasi. Contoh: Weather, stock
information.
Keuntungan:
Masyarakat khususnya
kalangan menengah kebawah dapat merasakan pemerataan teknologi dan bagi
pelajarnya dapat memberikan wawasan yang lwbih untuk menunjang studi mereka.
Kerugian:
Jika perhatian kepada
mereka yang kurangnya informasi dari kebebasan akses yang mereka lakukan, akan
berdampak buruk yang disebabkan pihak yang tidak bertanggung jawab.
- Layanan Keamanan
Layanan
keamanan merupakan layanan yang menyediakan keamanan informasi dan data.
layanan terdiri dari enkripsi, penggunaan protocol, penentuan akses control dan
auditin. Layanan keamanan memberikan fasilitas yang berfungsi untuk memantau
dan memberikan informasi bila ada sesuatu yang berjalan atau beroperasi tidak
seharusnya. dengan kata lain layanan ini sangat penting untuk menjaga agar
suatu data dalam jaringan tidak mudah terhapus atau hilang.
Keuntugan :
Dapat mengurangi tingkat
pencurian dan kejahatan data. Contoh layanan keamanan yaitu:
v
navigation
assistant
v
weather,stock
information
v
entertainment
and M-commerce
v
penggunaan
Firewall dan Antivirus
Kerugian :
Semakin banyaknya cara untuk
membobol data penting
- Layanan Context Aware dan
Event-Based
Dalam ilmu
komputer dinyatakan bahwa perangkat komputer memiliki kepekaan dan dapat
bereaksi terhadap lingkungan sekitarnya berdasarkan informasi dan aturan-aturan
tertentu yang tersimpan di dalam perangkat. Gagasan inilah yang diperkenalkan
oleh Schilit pada tahun 1994 dengan istilah context-awareness.
Context-awareness
adalah kemampuan layanan network untuk mengetahui berbagai konteks, yaitu
kumpulan parameter yang relevan dari pengguna (user) dan penggunaan network
itu, serta memberikan layanan yang sesuai dengan parameter-parameter itu.
Beberapa konteks yang dapat digunakan antara lain lokasi user, data dasar user,
berbagai preferensi user, jenis dan kemampuan terminal yang digunakan user.
Sebagai
contoh, ketika seorang user sedang mengadakan rapat, maka context-aware mobile
phone yang dimiliki user akan langsung menyimpulkan bahwa user sedang
mengadakan rapat dan akan menolak seluruh panggilan. Contoh :Vehicle
Diagnostic Service
Keuntungan :
Dengan ini si pengguna
dapat hak privasi yang lebih tanpa harus melakukan banyak / otomatis sistem
yang telah mengatur agar si pengguna tidak diganggu dalam waktu yang diinginkan
si pengguna.
Kerugian:
Si pengguna tidak tahu /
akan terlambat mengetahui jika ada panggilan penting saat ia tidak ingin
diganggu, seperti ia tidak tahu kalau anaknya masuk rumah sakit ketika ia
sedang rapat.
- Layanan Perbaikan Sumber
(Resource Discovery Service)
Resource
Discovery Service (RDS) adalah sebuah layanan yang berfungsi untuk penemuan
layanan utilitas yang diperlukan. RDS
juga berfungsi dalam pengindeksan lokasi layanan utilitas untuk mempercepat
kecepatan penemuan. Layanan
perbaikan sumber yang dimaksud adalah layanan perbaikan dalam sumber daya
manusia (SDM). SDM telematika adalah orang yang melakukan aktivitas yang
berhubungan dengan telekomunikasi, media, dan informatika sebagai pengelola,
pengembang, pendidik, dan pengguna di lingkungan pemerintah, dunia usaha,
lembaga pendidikan, dan masyarakat pada umunya. Konsep pengembangan sumber daya
manusia di bidang telematika ditujukan untuk meningkatkan kualitas, kuantitas
dan pendayagunaan SDM telematika dengan tujuan untuk mengatasi kesenjangan
digital, kesenjangan informasi dan meningkatkan kemandirian masyarakat dalam
pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi secara efektif dan optimal.
Kebutuhan akan SDM dapat dilihat
dari bidang ekonomi dan bidang politik, yaitu :
v
Dilihat
dari bidang ekonomi
Pengembangan
telematika ditujukan untuk peningkatan kapasitas ekonomi, berupa peningkatan
kapasitas industry produk barang dan jasa.
v
Dilihat
dari bidang politik
Bagaimana
telematika memberikan kontribusi pada pelayanan public sehingga menghasilkan
dukungan politik.
Dari kedua bidang tersebut diatas
kebutuhan terhadap telematika akan dilihat dari dua aspek, yaitu:
ü
Pengembangan
peningkatan kapasitas industry.
ü
Pengembangan
layana publik.
Dan sasaran utama dalam upaya
pengembangan suatu SDM telematika yaitu sebagai berikut :
ü
Peningkatan
kinerja layanan public yang memberikan akses yang luas terhadap peningkatan
kecerdasan masyarakat, pengembangan demokrasi dan transparasi sebagai
katalisator pembangaunan.
ü
Literasi
masyarakat di bidang teknologi telematika yang terutama ditujukan kepada old
generator dan today generation sebagai peningkatan, dikemukakan oleh Tapscott.
Keuntungan :
Tiap orang dapat bantuan
yang lebih dalam yellow pages untuk mencari alamat / nomor telepon suatu
instansi.
Kerugian :
Tidak mudah mencari /
tidak cepat karena yellow pages masih dalam bentuk buku. Jadi orang yang ingin
mencari informasi di dalamnya harus mencari secara manual dengan membaca
indeksnya terlebih dahulu.
SARAN :
Saran
saya, agar internet dapat dijangkau oleh seluruh masyarakat di kota ataupun di
desa. Sehingga masyarakat tidak buta akan internet dan dapat mengetahui seluruh
ilmu tentang pendidikan tanpa harus membeli buku dengan harga yang mahal. Jadi
internet dapat dinikmati oleh seluruh masayarakat. Dalam hal keamanan, Telematika
sangat berpengaruh dalam melindungi suatu data yang penting. Karena
semakin banyaknya virus yang berkembang seiring dengan perkembangan dari
windows. Untuk itu keamanan sistem perlu ditingkatkan lagi.
0 komentar:
Posting Komentar